0 Pengenalan CSS Dan konsep Dasar CSS

Bandung-Cyber4rt- Kali Ini Admin Akan Share Pengenalan CSS Dan konsep Dasar CSS Pasti Kalian Tau Dong Apa itu CSS penasaran ?? Baca Aja Postingan di bawah ini :

Apa itu CSS?

CSS = Cascading Style Sheets ( Bahasa lembar Gaya ). CSS merupakan bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup / markup language. Jika kita berbicara dalam konteks web, bisa di artikan secara bebas sebagai : CSS merupakan bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan / desain suatu halaman HTML.

Dulu, sebelum CSS menjadi standar untuk mendesain halaman web seperti sekarang, halaman web di desain menggunakan <table>. jadi dibuat dulu desainnya, dalam format .psd atau jpeg, lalu di slice atau di potong potong menjadi bagian – bagian terpisah. setelah itu dibuat table dengan ukuran yang sesuai, lalu desain tadi di “tempel” pada table sebagai image yang melekat pada tabel, atau sebagai background. Kelemahan dari cara seperti ini adalah, halaman web menjadi berat karena kolom – kolom penyusun table dan diberi tambahan atribut image source. Side effect dari hal ini adalah halaman web menjadi padat dan tidak SEO friendly.
Desain dengan tabel :

1. Buat desainnya. menggunakan .psd ( photoshop ) atau .cdr ( coreldraw )
2. buat tabelnya. menggunakana tag <table>, dan
3. potong – potong desain sesuai dengan kolom pada tabel, lalu “selipkan” desain pada kolom tabel menggunakan sebagai elemen image tabel atau background.

Dengan CSS, cara kerja ini dirubah. Anda membuat halaman HTML, lalu anda berikan identitas pada bagian2 tertentu dengan tag <div> baik itu menggunakan atribut id <div id=”"> atau class <div class=”">. Lalu anda buat satu file css, bisa di selipkan pada bagian <head> atau dalam file berbeda dan di hubungkan dengan tag <link rel=”stylesheet” type=”text/css” href=”">. File CSS tadi memberikan nilai dan definisi pada bagian tertentu dari halaman html tadi yang diberikan identitas melalu tag <div>.


Apa saja Manfaat Bila Menggunakan CSS?
Banyak sekali mafaat dan kegunaan dalam memakai CSS ini misalnya halaman website anda menggunakan font calibri dalam penulisannya, kemudian suatu hari anda jenuh melihat tulisan tersebut dan berniat mau mengganti ke bentuk arial, maka secara manual anda akan bekerja keras merubah satu per satu halaman website tersebut. Capek...kan?

Jika kita menggunakan css dan semua halaman website memakai css juga, anda cukup merubah satu baris kode css untuk merubah font di semua halaman web/blog calibri ke arial.

Kesimpulannya, bila kita menggunakan CSS akan lebih praktis!

Lalu apakah ada Kekurangan dalam Menggunakan CSS ini?
Biasalah...dalam hidup di dunia ini tentunya ada kurang dan lebih...namun bila memiliki kelebihan yang tinggi di banding kekurangan dipakai saja. Kare tidak semua browser dapat membaca kode CSS dengan baik. Terkadang, tampilan web/blog dengan CSS terlihat baik di browser yang satu, tapi berantakan di browser yang lain. Sebagai rekomendasi anda harus memeriksa tampilan supaya terlihat baik di semua browser dan menambahkan kode-kode khusus browser tertentu jika memang dibutuhkan agar tampilan web anda terlihat baik di semua browser.


Sekian postingan saya kali ini tentang Pengenalan CSS Dan konsep Dasar CSS. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat, Wassalam.


SEMOGA BERMANFAAT DAN DITUNGGU KOMENTAR NYA YA ^_^

0 Comments

Bagaimana Pendapat Anda ?